Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan
melalui media tayang Dunia Handmade di Global TV terhadap Kemampuan
Menulis Teks Prosedur oleh Siswa Kelas VII SMP Swasta Al-Hikmah Medan
Tahun Pembelajaran 2017-2018. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Al-Hikmah Medan Tahun Pembelajaran
2017-2018 yang berjumlah 404 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah
kelas VII-3 dan VII-4 yang berjumlah 83 siswa. Kelas VII-4 terpilih sebagai kelas
eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan media
tayang Dunia Handmade di Global TV sedangkan kelas VII-3 sebagai kelas
kontrol yaitu kelas yang menerima pembelajaran tanpa menggunakan media
tayang Dunia Handmade di Global TV. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk mencari
pengaruh media tayang Dunia Handmade di Global TV dalam menulis teks
prosedur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai dengan
posttest-only control design. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui
bahwa kemampuan siswa menulis teks prosedur dengan menggunakan media
tayang Dunia Handmade di Global TV memperoleh nilai rata-rata 77,52 termasuk
dalam kategori baik dan kemampuan siswa menulis teks prosedur tanpa
menggunakan media tayang Dunia Handmade di Global TV memperoleh nilai
rata-rata 64,58 termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan pengujian hipotesis
diperoleh uji t dengan hasil pengujian pada taraf a = 0,05 maka diperoleh thitung >
ttabel yaitu 7,47 > 1,66. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan terbukti
kebenarannya dan diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan
media tayang Dunia Handmade di Global TV terhadap kemampuan menulis teks
prosedur oleh siswa kelas VII SMP Swasta Al-Hikmah Medan Tahun
Pembelajaran 2017-2018.