Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam
menulis cerita fantasi karena tidak adanya media pendukung dalam pembelajaran
yang ditandai dengan rendahnya hasil tes tugas menulis yang tidak mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
media benda kenangan terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas
VII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal tahun pembelajaran 2017-2018. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal yang
berjumlah 152 siswa dan tersebar dalam 5 kelas. Dalam penentuan sampel, peneliti
menggunakan teknik random kelas dan terpilih kelas 71 yang berjumlah 31 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas 74 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dan
instrumen penelitian yang digunakan peneliti berupa tes esai yaitu menulis cerita
fantasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis
cerita fantasi setelah perlakuan menggunakan media benda kenangan memperoleh
nilai rata-rata 79,61 termasuk dalam kategori baik sekali (A), sementara kelompok
siswa yang tidak menggunakan media benda kenangan memperoleh nilai rata-rata
55,53 termasuk dalam kategori cukup (C). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui
bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 8,78
>1,99. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media benda
kenangan terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 47 Sunggal tahun pembelajaran 2017-2018.