Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan
melalui Media Pohon Pintar terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur oleh
Siswa Kelas VIII SMP Swasta Al-Manar Tahun Pembelajaran 2017-2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Al-Manar. Jumlah populasi ini adalah
25 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa.
Penelitian ini menggunakan model eksperimen only one group pre-test post-test.
Kelas VIII terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pre-test
dan post-test atau sesudah dan sebelum menggunakan media pohon pintar.
Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk
melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang
diberikan pada eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes esai
dengan only one group pre-test post-test . Berdasarkan teknik analisis data, dapat
diketahui bahwa kemampuan menulis teks prosedur sebelum menggunakan media
pohon pintar memperoleh nilai rata-rata 69,24 termasuk dalam kategori cukup.
Sedangkan kemampuan menulis teks prosedur sesudah menggunakan media
pohon pintar memperoleh nilai rata-rata 82,68 termasuk dalam kategori baik.
Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t”, thitung diketahui = 8,4.
Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df =
N-1= 24, maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,00 dan 1% = 2,80 maka
hipotesis nihil (nol) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini
membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaaan media
pohon pintar dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa
kelas VIII SMP Swasta Al-Manar Tahun Pembelajaran 2017/2018.