Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses belajar mengajar
matematika menggunakan strategi Index Card Match pada siswa SMP PGRI 3
Medan T.P 2017/2018 Efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas
siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. Pada hasil
test awal (pre test) diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,71 dengan 22
siswa yang tuntas dan 13 siswa yang tidak tuntas serta ketuntasan klasikal sebesar
63% dan berada pada kategori kurang efektif. Sedangkan pada tes akhir diperoleh
rata-rata hasil belajar siswa sebesar 90 dengan 35 siswa yang tuntas serta tingkat
ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 100% dan berada pada kategori Efektif.
Ditinjau dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 85% berdasarkan
kriteria taraf keberhasilan penelitian aktivitas belajar siswa berada pada kategori
Efektif. Ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
memperoleh persentase sebesar 83% dan berada pada kategoti Efektif. Ditinjau
dari respon siswa memperoleh persentase 81% dan berada pada kategori Efektif.
Skor persentase pada indikator keefektifan 82% dapat menunjukkan bahwa
keefektifan dikelas VII-3 SMP PGRI 3 Medan “Efektif” dan tercapai dengan baik
menggunakan skor ideal/kriterium.