Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
berupa rencana pelakasanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa
(LKS) pada materi relasi dan fungsi untuk siswa kelas VIII-1 SMP PAB 8
Sampali T.P 2017/2018. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan
kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang
dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis,
Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap penelitian ini
dibatasi sampai tahap development. Produk yang dikembangkan berupa RPP dan
1 LKS matematika pada materi relasi dan fungsi untuk siswa kelas VIII SMP
PAB 8 Sampali T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII-1 sebanyak 44 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
lembar penilaian LKS untuk 4 ahli untuk mengukur kevalidan LKS, lembar
penilaian RPP untuk 4 ahli untuk mengukur kevalidan RPP, angket respon siswa
untuk mengukur kepraktisan dan ke efektifan LKS.
Hasil penelitian ini adalah RPP dan LKS relasi dan fungsi untuk siswa
kelas VIII-1SMP PAB 8 Sampali: (1) Berdasarkan hasil penilaian kevalidan RPP,
diperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 4.26 dengan kriteria ”Sangat Baik”.
(2) Berdasarkan hasil penilaian kevalidan LKS, diperoleh rata-rata skor
keseluruhan 4.52 dengan kriteria “Sangat Baik”. (3) Berdasarkan hasil angket
respon siswa, diperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 4.08 dengan kriteria
“Sangat Baik” sehingga LKS dapat dikatakan praktis dan efektif.