Abstract:
Dalam belajar matematika diperlukan adanya proses pembelajaran yang baik.
Salah satu ciri dari proses pembelajaran yang baik adalah adanya bahan ajar yang
baik dan sesuai rumusan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tentang
pengembangan perangkat pembelajaran pada materi persegi dan persegi panjang.
Tahapan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan model
desain Research And Development (R & D) yaitu desain model pembelajaran
yang dikembangkan melalui pendekatan sistem. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan materi persegi dan
persegi panjang berupa perangkat pembelajaran peserta didik yang diharapkan
dapat meningkakan minat siswa dalam belajar matematika. Bahan pembelajaran
yang dikembangkan menggunakan pendekatan desain Research And Development
(R & D) yang diharapkan menghasilkan kualitas bahan ajar yang baik. Hasil uji
validasi RPP dieroleh dengan rata-rata 4,49, uji validasi LKPD diperoleh rata-rata
4,32, uji validasi media pembelajaran diperoleh rata-rata 4,06, uji validasi bahan
ajar diperoleh rata-rata 4,16, dan uji validasi perangkat diperoleh nilai rata-rata
sebesar 4,37. Sehingga nilai rata-rata dari validator adalah 4,28 valid dan baik
untuk digunakan sebagai bahan ajar. Setelah dilakukan revisi maka perangkat
pembelajaran materi persegi dan persegi panjang layak digunakan sebagai bahan
ajar matematika di kelas VII SMP