Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana keefektifan belajar
matematika ditinjau dari hasil belajar dengan menggunakan teknik respon terinci
pada siswa SMP Asuhan Jaya Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Asuhan Jaya Medan T.P 2017/2018 yang
berjumlah 64 orang, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas VIII-C yang
berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes uraian
yang berjumlah 5 soal. Dari analisa data diperoleh ketuntasan belajar matematika
siswa menggunakan Teknik Respon Terinci pada siswa Asuhan Jaya Medan T.P
2017/2018 adalah “Sangat Baik”. Dari 28 orang siswa ada 25 orang atau 89,28%
telah mencapai ketuntasan belajar. Aktivitas belajar matematika siswa menggunakan
Teknik Respon Terinci pada siswa SMP Asuhan Jaya Medan T.P 2017/2018 “efektif”
karena seluruh indikator memenuhi kriteria batasan efektivitas siswa. Ketercapaian
keefektifan kemampuan guru menggunakan tenkin respon terinci Medan T.P
2017/2018 adalah “efektif” dengan kriteria persentase 71%.