Abstract:
Geometri Transformasi merupakan materi dalam pembelajaran matematika yang
mempunyai keabstrakan yang tinggi sehingga menyebabkan siswa mengalami
kesulitan dalam memahaminya. Sehingga dibutuhkan perangkat pembelajaran yang
dapat mempermudah siswa dalam mempelajari Geometri Transformasi salah satunya
melalui LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan
konsep matematika yang terdapat pada motif Songket Batubara dan mengetahui
apakah Songket Batubara layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika
pada materi Transformasi Geometri. Jenis penelitian ini adalah Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D dengan tahap pendefenisian
(define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran
(disseminate). Karena keterbatasan waktu, penelitian ini dilakukan hingga tahap
pengembangan (develop). Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran LKPD
pada materi transformasi geometri untuk siswa SMA kelas XI. Karakteristik LKPD
yang dikembangkan adalah: (1) berbentuk media cetak, (2) dikembangkan
menggunakan kalimat yang sederhana dan desain yang menarik, (3) mengutamakan
keterlibatan siswa berdasarkan kegiatan siswa yang dirancang dalam LKPD, (4)
menyajikan masalah-masalah kontekstual yang berhubungan dengan materi bangun
transformasi geometri (pencerminan) yang berhubungan dengan songket Batubara.
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti memenuhi kriteria layak atas
dasar skor penilaian RPP, LKPD dan Perangkat Penilaian oleh satu dosen ahli dan
dua guru matematika berturut-turut adalah 3,83; 3,57; 3,69 pada skala 5. Tes hasil
belajar menunjukkan persentase ketuntasan siswa sebesar 88,89% termasuk dalam
kriteria “sangat tinggi” yaitu berada pada kisaran 85%-100%