Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar
Mengapresiasi Puisi Antara Yang Menggunakan Metode Inkuiri dan yang
Menggunakan dengan Metode Quantum. Pada Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah
04 Medan TA.2017/2018. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP
Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 40 orang
yang terdiri dari dua kelas.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang
dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas
IX-A dan kelas IX-B. Pada kelas IX-A peneliti menggunakan metode pembelajara
Inkuiri, sedangkan kelas IX-B menggunakan metode pembelajaran Quantum.
Instrumen penelitian ini menggunakan tes essai kemampuan mengapresiasi puisi
dengan menggunakan metode pembelajaran Inkuiri dan metodel pembelajaram
Quantum.
Hasil penelitian ini berdasarkan persentase peringkat kemampuan
mengapreiasi puisi dengan menggunakan metode Inkuiri diketahui persentase nilai
siswa ada pada rentang nilai 45-55 yaitu 55 % dengan nilai rata-rata 50. Artinya
kemampuan siswa berada pada tingkat kurang. Sedangkan, kemampuan
mengapresiasi puisi menggunakan metode Quantum persentase paling banyak pada
rentang nilai 66-79 yaitu 60% dengan nilai rata-rata 79. Artinya kemampuan siswa
berada ditingkat baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga
thitung 2,9. Selanjutnya thitung ini dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikan α =
0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 38, diperoleh harga ttabel = 2,086 berarti thitung>ttabel
yaitu 2,9>2,086. Dengan demikian, terlihat perbedaan yang signifikan penggunaan
Metode Inkuiri dan Metode Quantum terhadap kemampuan mengapresiasi puisi oleh
siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018
terbukti.