Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada
materi bangun ruang sisi datar untuk siswa MTs N Stabat kelas VIII. Kualitas
produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, dan
kepraktisan.
Prosedur pengembangan pembelajaran matematika mengacu pada model
pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan),
Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan
peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah
siswa kelas VIII-2 MTs N Stabat. Instrumen yang digunakan untuk mengukur
kualitas pembelajaran matematika yang dikembangkan adalah lembar
penilaian LKPD. Kualitas kevalidan pembelajaran matematika dengan
menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran Discovery Learning
memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata LKPD yaitu 4,4 dari skor
maksimal 5,0 dengan kriteria baik. Kualitas kepraktisan pembelajaran
matematika memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon
siswa 91,5 % dari maksimal 100% dengan kriteria sangat baik.