Abstract:
Matematika merupakan suatu sarana berfikir untuk mengkaji sesuatu secara logis,
kritis, rasional dan sistematis serta melatih kemampuan peserta didik agar terbiasa
dalam memecahkan suatu masalah yang ada disekitarnya. Penelitian ini bertujuan
untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Berbasis Model Eliciting Activities Pada Materi Segi Empat
Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat
tahap yaitu pendefinisian, perancangan pengembangan dan penyebaran. Namun
keterbatasan peneliti maka penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan. Uji
coba dilakukan pada siswa kelas VII SMP Al-Hidayah Medan. Bahan ajar yang
layak, valid dan efektif kemudian disebarkan ke kelas untuk menguji keefektifan
sebelum disebarkan lebih luas . adapun instrument yang digunakan adalah: 1)
angket respon siswa 2) lembar observasi 3) tes hasil belajar siswa. LKPD yang
dikembangkan berbasis Model Eliciting Activities memenuhi kriteria valid yang
diuji oleh 2 validator dan efektif ditinjau dari a) ketuntasan klasikal dari minimal
80% yaitu 83%; b) aktivitas siswa selama proses pembelajaran berada pada batas
toleransi keefektifan c) respon positif siswa mencapai lebih dari 75% untuk LKPD
yang dikembangkan berbasis Model Eliciting Activities. guru Matematika
disarankan agar dapat menggunakan LKPD berbasis Model Eliciting Activities
sebagai alternative pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan
yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah
memahami masalah-masalah yang diberikan.