Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah Penerapan Model Eliciting Activities
(MEA) dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika pada siswa SMK
YPK Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan: melalui
Penerapan Model Eliciting Activities (MEA) penguasaan konsep matematika pada
siswa SMK YPK Medan maka dapat ditingkatkan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 2 SMK YPK Medan
yang berjumlah 34 orang dan semuanya perempuan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
ada peningkatan penguasaan konsep matematika pada siswa SMK YPK Medan,
setelah guru menerapkan Model Eliciting Activities (MEA) pada materi nilai
perbandingan trigonometri pada sudut istimewa. Hal ini dapat dilihat dari tes awal
yang dilakukan dengan nilai rata-rata hasil tes awal adalah 63 (tidak tuntas ),
jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang (26 %) dan siswa yang tidak tuntas
sebanyak 25 orang (74 %) Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 65 (tidak
tuntas) jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang (38 %) dan jumlah siswa
yang tidak tuntas 21 orang (62 %). Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat
menjadi 71 (tuntas ), jumlah siswa tuntas sebanyak 25 orang (74%)dan jumlah
siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 orang (26 %). Pada siklus III rata-rata siswa
meningkat yaitu 80 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 32 orang (94 %)
sedangkan siswa yang tidak tuntas 2 orang (6 %).