Abstract:
Lenbar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan
Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Pada
Siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan. Skripsi Pendidikan Matematika Program
Serjana Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.2018. Penelitian
bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran berupa lembar kerja
peserta didik (LKPD) yang valid dan efektif, (2) mengetahui bagaimana
peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan
perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang
terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan
penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat
pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk
melihat efektivitas perangkat pembelajaran.. Uji coba dilakukan pada siswa kelas
VII SMP Muhammadiyah 01Medan. Uji Coba dilakukan sebanyak satu kali pada
satu kelas. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP =
4,57, LKPD = 4,72; (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif,
dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas
toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori
baik; dan (3) Persentase peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematika
siswa pada uji coba adalah 94%