Abstract:
Penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran
matematika berbasis masalah pada materi Kubus dan Balok untuk siswa SMP kelas VIII.
Model pengembangan yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga
tahap yakni analisis, perancangan dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP
Swasta Al Hikmah Medan Kelas VIII-5 dengan menggunakan skala kelas kecil senbanyak 10
orang siswa. Kelayakan Perangkat pembelajaran merujuk pada hasil penilaian Perangkat oleh
para ahli terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran
matematika berbasis masalah pada materi kubus dan balok dengan pendekatan berbasis
masalah yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid/layak digunakan untuk siswa
SMP kelas VIII. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian validator, dimana semua validator
menyatakan baik. Hasil penilaian RPP oleh ahli diperoleh nilai 4,6 dengan kategori kelayakan
Baik. Hasil penilaian Bahan Ajar oleh ahli diperoleh nilai 4,4 dengan kategori kelayakan
Baik. Hasil penilaian LKPD oleh ahli diperoleh nilai 4,6 dengan kategori kelayakan Baik.
Hasil penilaian Media oleh ahli diperoleh nilai 4,3 dengan kategori kelayakan Baik. Hasil
penilaian evaluasi oleh ahli diperoleh nilai 4,6 dengan kategori kelayakan Baik Analisis nilai
tes hasil belajar siswa menunjukkan presentase ketuntasan klasikal siswa pada tes hasil belajar
siswa sebesar 80%. Berdasarkan analisis Tes Hasil Belajar dapat ditarik kesimpulan bahwa tes
hasil belajar yang dikembangkan memiliki kriteria “Tuntas”