Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model
pembelajaran Brainstorming efektif terhadap hasil belajar matematika pada siswa
SMP Swasta gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan
Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 64 siswa. Adapun sampel dalam
penelitian adalah kelas VIII-A berjumlah 32 siswa sebagai kelas Eksperimen dan
kelas VIII-B berjumlah 32 siswa sebagai kelas Kontrol. Untuk kelas eksperimen
pembelajaran dengan menggunakan model Brainstorming sedangkan kelas
kontrol pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Instrumen yang
digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VIII-A sebagai uji
isntrumen. Berdasarkan analisis data dalam diperoleh bahwa terdapat perbedaan
antara rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Brainstorming
dengan model Konvensional dilihat berdasarkan uji gain ternomalisasi pada kelas
eksperimen sebesar 85% tergolong Tinggi dan kelas kontrol sebesar 61%
tergolong sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model
Brainstorming Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa
SMP Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.