Research Repository

Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD dan TPS Pada Siswa SMK Negeri 1 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Andiani Kinanti
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:50:57Z
dc.date.available 2020-11-11T02:50:57Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10111
dc.description.abstract enelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model kooperatif tipe STAD dan TPS pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.P 2017/2018 sebanyak 12 kelas. Sampel yang diambil adalah kelas XI akuntansi-1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI Akuntansi-2 sebagai kelas eksperimen II dengan teknik pengambilan sampel yaitu purporsive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen soal pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t yang didahului dengan uji homogenitas dari sampel. Hasil homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas mempunyai variansi yang homogen. Hasil uji-t dari pretest diperoleh thitung < ttabel yaitu 0,3548 < 1,996, artinya tidak ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Hal ini berarti keadaan kelas awal siswa kelas eksperimen I dan siswa kelas eksperimen II sebelum diajarkan menggunakan model pembelajaran mempunyai kemampuan yang tidak berbeda. Nilai rata-rata kelas eksperimen I: 52,64 dan kelas eksperimen II: 51,50. Sedangkan hasil uji-t dari posttest diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,983 > 1,996, ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen I dan siswa kelas eksperimen II. Nilai rata-rata kelas eksperimen I: 80,11 dan kelas eksperimen II: 72,26. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model kooperatif tipe STAD dan TPS pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.subject Model pembelajaran kooperatif tipe STAD en_US
dc.subject Model pembelajaran kooperatif tipe TPS en_US
dc.title Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD dan TPS Pada Siswa SMK Negeri 1 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account