Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa Kelas VII SMPN 1
Batang Kuis dalam menyelesaikan soal perkalian dan mengetahui kemampuan
siswa dalam menggunakan metode lattice dalam menyelesaikan soal perkalian.
Dalam penelitian kali ini hanya terdapat satu kelas, maka subjek penelitian ini
adalah kelas VII-8 yang berjumlah 32 orang dan yang menjadi objek penelitian
ini adalah siswa kelas VII-8 untuk menyelesaikan soal perkalian. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa tes dan wawancara. Dari analisis yang
dilakukan menggunakan tes, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa
mengalami kesulitan apabila bentuk perkalian tersebut menggunakan tiga
bilangan karena hasil penjumlahan nya yang cukup sulit. Letak kesalahan yang
sering dilakukan siswa yaitu kesalahan dalam memahami soal menggunakan
lattice, dan kesalahan memahami konsep perkalian. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal
perkalian disebabkan oleh kesalahan siswa dalam memahami soal, memahami
konsep perkalian dan penguasaan prosedur perkalian dengan tabel lattice