Research Repository

Pengembangan Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Multilevel Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Trigonometri

Show simple item record

dc.contributor.author Sakdiah., Halimatus
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:47:43Z
dc.date.available 2020-11-11T02:47:43Z
dc.date.issued 2018-03-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10108
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pembelajaran yang dikembangkan melalui Metode Multilevel terhadap hasil belajar di kelas X SMK Taman Siswa Medan, dan (2) respon siswa terhadap pembelajaran yang dikembangkan Metode Multilevel di kelas X SMK Taman Siswa Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Taman Siswa Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-AP 1 dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas X-AP 2 dengan jumlah siswa 29 orang. Objek penelitian ini adalah pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan Metode Multilevel di kelas X SMK Taman Siswa Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development/ R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D (Four D model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefinisian(define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar validasi ahli, tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data dalam pengembangan pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Metode Multilevel terhadap hasil belajar siswa disimpulkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 86,21% dan (b) ketercapaian indikator berada pada kriteria pembelajaran; (2) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran menggunakan Metode Multilevel adalah positif. en_US
dc.subject Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Multilevel en_US
dc.title Pengembangan Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Multilevel Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Trigonometri en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account