Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pembelajaran yang
dikembangkan melalui Metode Multilevel terhadap hasil belajar di kelas X SMK
Taman Siswa Medan, dan (2) respon siswa terhadap pembelajaran yang
dikembangkan Metode Multilevel di kelas X SMK Taman Siswa Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Taman Siswa Medan dan
sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-AP 1 dengan jumlah siswa 31 orang
dan kelas X-AP 2 dengan jumlah siswa 29 orang. Objek penelitian ini adalah
pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD), dan Tes untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan
Metode Multilevel di kelas X SMK Taman Siswa Medan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan (research and development/ R&D) dengan
menggunakan pengembangan model 4-D (Four D model) yang dikemukakan
Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari tiga tahap
yaitu tahap pendefinisian(define), tahap perancangan (design) dan tahap
pengembangan (development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Lembar validasi ahli, tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data
dalam pengembangan pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran yang dikembangkan
menggunakan Metode Multilevel terhadap hasil belajar siswa disimpulkan pada:
(a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 86,21% dan (b) ketercapaian
indikator berada pada kriteria pembelajaran; (2) Respon siswa terhadap komponen
dan kegiatan pembelajaran menggunakan Metode Multilevel adalah positif.