Abstract:
ujuan dari penelitian ini untuk :
(1)Mengetahui prosedur pengembangan
LKPD berbasis pendekatan realistik pada siswa kelas V SD Negeri 060847
Medan,
(2) Mengetahui kelayakan LKPD yang dikembangkan berbasis
pendekatan realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
pengembangan model Thiagarajan, Sammel dan Sammel yaitu model 4-D yang
telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu:
define. design, develop, disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi
kelas V SD Negeri 060847 Medan yang berjumlah 12 orang. Objek penelitian ini
adalah RPP, LKPD dan Tes Hasil Belajar. Instrumen penilaian yang digunakan
adalah lembar penilaian RPP, lembar penilaian LKPD dan lembar penilaian tes
hasil belajar.
Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan
bahwa : a
) hasil validasi RPP diperoleh skor rata-rata total 3,8 dengan kriteria
“Baik”, hasil validasi LKPD diperoleh skor rata-rata total 3,9 dengan kriteria
“Baik”, dan hasil validasi THB diperoleh skor rata-rata total 3,9 dengan kriteria
“Baik”., b) hasil analisis data tes hasil belajar diperoleh presentase ketuntasan
klasikal sebesar 83,3%, c
) hasil analisis kelayakan lembar kerja peserta didik
berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan memiliki kriteria layak.