dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Penelitian ini menghasilkan produk baru berupa modul yang didesain
untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Budi Satrya Medan. Subjeknya adalah siswa kelas VII – 1
dengan jumlah 20 orang siswa. Pokok bahasan yang diteliti adalah bilangan bulat.
instrument yang digunakan adalah lembar angket validasi, tes dan angket respon
siswa. Hasil penelitian pada dari validasi oleh ahli media dan ahli materi Sangat
Baik maka dapat disimpulkan bahawa menurut kedua validator bahan ajar layak
digunakan. Hasil penelitian ketuntasan belajar individu siswa diperoleh dari hasil
tes yaitu pretest dan posttest. Data yang diperoleh dari pretest untuk ketuntasan
individu, terdapat 6 dari 20 orang siswa yang Tuntas sedangkan pada hasil
posttest mengalami peningkatan dari yang sebelumnya. Untuk ketuntasan
individu, terdapat 18yang tuntas dari 20 orang siswa. Sedangkan hasil dari
tingkat kemampuan berpikir kritis siswa 10 orang dari 20 siswa memiliki
kemampuan berpikir kritis Sangat Tinggi sedangkan 10 orangnya lagi memiliki
kemampuan berpikir kritis sedang. Hasil penelitian yang diperoleh dari angket
respon siswa 85% dengan kategori Sangat Menarik. kesimpulan dari penelitian ini
adalah modul matematika bilangan bulat dapat mengembangkan kemampuan
berpikir kritis siswa dan dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa. |
en_US |