Research Repository

Penerapan Teknik Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Nurul Islam Indonesia Tahun Ajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Syofandy, Friska
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:38:53Z
dc.date.available 2020-11-11T02:38:53Z
dc.date.issued 2018-03-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10099
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan teknik Hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Aritmatika Sosial kelas VII-1 SMP Nurul Islam Indonesia T.A 2017/2018 dan (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Aritmatika Sosial kelas VII-1 SMP Nurul Islam Indonesia T.A 2017/2018 melalui penerapan teknik Hypnoteaching. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah penerapan teknik Hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Perbandingan dan Aritmatika Sosial kelas VII-1 SMP Nurul Islam Indonesia T.A 2017/2018 dan (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Aritmatika Sosial kelas VII-1 SMP Nurul Islam Indonesia T.A 2017/2018 melalui penerapan teknik Hypnoteaching. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik Hypnoteaching. Instrumen yang yang digunakan adalah tes dan observasi aktivitas belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Nurul Islam Indonesia Medan T.A 2017/2018 yang berjumalah 42 orang yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 19 siwa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa melalui teknik pembelajaran Hypnoteaching. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal pada pokok bahasan aritmatika sosial pada tahap awal sebesar 21,43% meningkat menjadi 42,86% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 85.71%. Dan aktivitas siswa dalam belajar juga meningkat, hal ini terlihat dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai hasil rata-rata sebesar 2,307 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3,174 dalam kategori baik. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Teknik Hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-1 SMP Nurul Islam Indonesia Medan T.A 2017/2018. en_US
dc.subject Teknik Hypnoteacing en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title Penerapan Teknik Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Nurul Islam Indonesia Tahun Ajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account