Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan teknik
Hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan
Aritmatika Sosial kelas VII-1 SMP Nurul Islam Indonesia T.A 2017/2018 dan (2)
Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Aritmatika
Sosial kelas VII-1 SMP Nurul Islam Indonesia T.A 2017/2018 melalui penerapan teknik
Hypnoteaching. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah penerapan
teknik Hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok
bahasan Perbandingan dan Aritmatika Sosial kelas VII-1 SMP Nurul Islam Indonesia
T.A 2017/2018 dan (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar
matematika siswa pada pokok bahasan Aritmatika Sosial kelas VII-1 SMP Nurul Islam
Indonesia T.A 2017/2018 melalui penerapan teknik Hypnoteaching. Jenis penelitian
yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik
Hypnoteaching. Instrumen yang yang digunakan adalah tes dan observasi aktivitas
belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Nurul Islam
Indonesia Medan T.A 2017/2018 yang berjumalah 42 orang yang terdiri dari 23 siswa
laki-laki dan 19 siwa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar
matematika siswa melalui teknik pembelajaran Hypnoteaching. Dari hasil penelitian
dapat dilihat peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal pada pokok bahasan
aritmatika sosial pada tahap awal sebesar 21,43% meningkat menjadi 42,86% pada
siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 85.71%. Dan aktivitas siswa dalam
belajar juga meningkat, hal ini terlihat dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus
I mencapai hasil rata-rata sebesar 2,307 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II
meningkat menjadi 3,174 dalam kategori baik. Dari analisis yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa Teknik Hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas VII-1 SMP Nurul Islam Indonesia Medan T.A 2017/2018.