Research Repository

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Lingkaran Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Saprina, Annisa
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:36:16Z
dc.date.available 2020-11-11T02:36:16Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10095
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran berdasarkan langkah pemecahan masalah? (2) Apakah penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran berdasarkan langkah pemecahan masalah?. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui Bagaimanakah kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran berdasarkan langkah pemecahan masalah?(2) Untuk mengetahui apakah penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran berdasarkan langkah pemecahan masalah?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas VIII-D berjumlah 24 siswa dan yang menjadi Objek penelitian ini adalah menyelesaikan soal cerita matematika materi lingkaran berdasarkan langkah pemecahan masalah. Instrument penelitian yang digunakan adalah Tes dan Wawancara. Teknik pengumpulan data meliputi lembar soal dan wawancara untuk mengetahui kesalahan siswa. Berdasarkan analisis data kesalahan pada soal nomor 1 sebanyak 41,66%, kesalahan pada soal nomor 2 sebanyak 58,33%, kesalahan pada soal nomor 3 sebanyak 75,00% dan kesalahan pada soal nomor 4 sebanyak 79,16%. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran adalah Kebiasaan siswa salah menuliskan apa yang diketahui,t idak memahami maksud soal, kurang paham terhadap permintaan soal dan tidak tahu apa yang harus dia kerjakan setelah memperoleh informasi dari soal, tidak teliti, keterbatasan waktu, lupa, tidak terbiasa mengecek kembali jawaban, terburu- buru, cenderung hanya melihat hasil jawaban teman, merasa kebingungan akibat dari kesalahan dalam langkah sebelumnya, dan kurang adanya sifat positif terhadap soal cerita (malas, kurang suka) en_US
dc.subject Analisis kesalahan en_US
dc.subject Langkah pemecahan masalah en_US
dc.subject Soal cerita en_US
dc.subject Lingkaran en_US
dc.title Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Lingkaran Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account