Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah kesalahan
yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran
berdasarkan langkah pemecahan masalah? (2) Apakah penyebab kesalahan siswa
dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran berdasarkan langkah
pemecahan masalah?. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui
Bagaimanakah kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
materi lingkaran berdasarkan langkah pemecahan masalah?(2) Untuk mengetahui
apakah penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi
lingkaran berdasarkan langkah pemecahan masalah?. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
seluruh kelas VIII-D berjumlah 24 siswa dan yang menjadi Objek penelitian ini
adalah menyelesaikan soal cerita matematika materi lingkaran berdasarkan
langkah pemecahan masalah. Instrument penelitian yang digunakan adalah Tes
dan Wawancara. Teknik pengumpulan data meliputi lembar soal dan wawancara
untuk mengetahui kesalahan siswa. Berdasarkan analisis data kesalahan pada soal
nomor 1 sebanyak 41,66%, kesalahan pada soal nomor 2 sebanyak 58,33%,
kesalahan pada soal nomor 3 sebanyak 75,00% dan kesalahan pada soal nomor 4
sebanyak 79,16%. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
materi lingkaran adalah Kebiasaan siswa salah menuliskan apa yang diketahui,t
idak memahami maksud soal, kurang paham terhadap permintaan soal dan tidak
tahu apa yang harus dia kerjakan setelah memperoleh informasi dari soal, tidak
teliti, keterbatasan waktu, lupa, tidak terbiasa mengecek kembali jawaban,
terburu- buru, cenderung hanya melihat hasil jawaban teman, merasa
kebingungan akibat dari kesalahan dalam langkah sebelumnya, dan kurang
adanya sifat positif terhadap soal cerita (malas, kurang suka)