Research Repository

Perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pemecahan masalah DDFK dengan pembelajaran konvensional

Show simple item record

dc.contributor.author Monika, Fivit
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:32:57Z
dc.date.available 2020-11-11T02:32:57Z
dc.date.issued 2018-03-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10093
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pemecahan masalah DDFK lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pemecahan masalah DDFK dan siswa kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen 2 dengan meggunakan pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah tes hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan teorema Pythagoras dalam bentuk tes. Sebelumnya tes ini berjumlah 30 soal, akan tetapi setelah diuji cobakan ke kelas lain di luar sampel penelitian untuk melihat keshahihan tes terdapat 20 butir soal valid dan 10 butir soal tidak valid. Dari 20 soal yang valid tersebut terdapat 18 soal yang memiliki tingkat kesukaran sedang dan 2 soal sulit. Soal yang dipakai sebagai instrument penelitian adalah soal yang valid dengan tingkat kesukaran sedang sebanyak 18 soal yang memiliki daya beda baik dan sedang, sedangkan soal yang tidak valid dan yang memiliki daya beda jelek tidak dipakai. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas hasil data tes dengan menggunakan uji Liliefors kemudian diuji homogenitasnya dengan menggunakan uji F. dari pengujian ini diperoleh bahwa hasil data tes berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis menggunakan uji > ( , )( ) = (2,551 > 1,996) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pemecahan masalah DDFK lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. en_US
dc.subject Pemahaman konsep en_US
dc.subject Pemecahan masalah DDFK. en_US
dc.title Perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pemecahan masalah DDFK dengan pembelajaran konvensional en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account