Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah strategy genius learning efektif
dalam meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa SMP Negeri 6
Medan T.P 2017/2018 ditinjau dari keaktifan belajar matematika siswa terhadap
pembelajaran. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah kelas VIII-D SMP
Negeri 6 Medan yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen penelititan ini berupa
lembar observasi untuk melihat keaktifan belajar matematika siswa. Diperoleh
peningkatan nilai rata-rata dari setiap indikator aspek yang diamati oleh peneliti
pada setiap siklus. Dimana observasi pada tahap awal sebelum menggunakan
strategy genius learning diperoleh rata-rata sebesar 1,4. Setelah menggunakan
strategy genius learning pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 2,1, pada siklus
II meningkat menjadi 2,6 dan pada siklus III meningkat menjadi 3,7. Sehingga
pembelajaran dengan menggunkan strategy genius learning efektif ditinjau dari
keaktifan belajar matematika siswa. Berdasarkan rincian tersebut, dapat
disimpulkan bahwa belajar matematika dengan menggunakan strategy genius
learning pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018 adalah
efektif ditinjau keaktifan belajar matematika siswa