dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi
bimbingan konseling dalam meningkatkan etika pergaulan di sekolah kelas XII
Akuntansi SMK Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa Preeksperimental
dengan desain one grup pretest-posttest design, jumlah populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi yang berjumlah 30 siswa,
sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 30 siswa dengan menggunakan
purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
observasi, wawancara dan angket. Hasil etika pergaulan peserta didik dikelas XII
Akuntani SMK Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020, sebelum
diberikan perlakuan (pretest) dapat dikatakan keadaan etika pergaulan peserta
didik berada pada tingkat cenderung rendah yaitu berada pada skor rata-rata
68,56. Setelah diberikan perlakuan (posttest) maka etika pergaulan dikelas XII
Akuntansi mengalami peningkatan yang cenderung tinggi dengan skor rata-rata
80,26. Dari hasil perhitungan diperoleh = 5,425 dengan menggunakan
taraf signifikan nyata (a = 0,05) dan dengan d.b = n - 1. Maka diperoleh
perhitungan dengan nilai = 5,425 dan nilai = 1,699 karena nilai
> (5,425> 1,699) maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho
ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah “terdapat keefektifan yang signifikan
pelaksanaan bimbingan konseling melalui layanan informasi untuk meningkatkan
etika pergaulan peserta didik dikelas XII Akuntansi SMK Taman Siswa Medan
Tahun Pembelajaran 2018/2019. |
en_US |