Research Repository

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning di SMP Muhammadiah 8 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Fitriah Khairunnisa
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:29:42Z
dc.date.available 2020-11-11T02:29:42Z
dc.date.issued 2018-03-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10088
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based Learning hasil pengembangan di SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018?. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model problem based learning di SMP Muhammadiyah 8 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018. Pengambilan objek dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian pada materi segiempat untuk SMP kelas VII dengan model pembelajaran problem based learning. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi pada tahap disseminate belum dilakukan karena terkendala waktu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 8 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran, dan THB untuk mengukur kevalidan, dan angket respon siswa untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,37 dengan kriteria baik, skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 3,96 dengan kriteria baik, skor rata-rata LKPD yaitu 3,72 dengan kriteria kurang baik, Media Pembelajaran yaitu 4,32 dengan kriteria baik, dan skor rata-rata THB 4,01 dengan kriteria baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata 4,12 dengan kriteri baik sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif. en_US
dc.subject Perangkat Pembelajaran en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning di SMP Muhammadiah 8 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account