Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana perangkat
pembelajaran berbasis model Problem Based Learning hasil pengembangan di
SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018?. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model problem based learning di
SMP Muhammadiyah 8 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan. Subjek
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8
Medan T.P 2017/2018. Pengambilan objek dalam penelitian ini berjumlah 29
siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang
dikembangkan berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, dan
Instrumen Penilaian pada materi segiempat untuk SMP kelas VII dengan model
pembelajaran problem based learning. Prosedur pengembangan perangkat
pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu tahap define,
design, develop, dan disseminate. Akan tetapi pada tahap disseminate belum
dilakukan karena terkendala waktu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B
SMP Muhammadiyah 8 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar penilaian RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran, dan THB
untuk mengukur kevalidan, dan angket respon siswa untuk mengukur keefektifan.
Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan
skor rata-rata RPP yaitu 4,37 dengan kriteria baik, skor rata-rata Bahan Ajar yaitu
3,96 dengan kriteria baik, skor rata-rata LKPD yaitu 3,72 dengan kriteria kurang
baik, Media Pembelajaran yaitu 4,32 dengan kriteria baik, dan skor rata-rata THB
4,01 dengan kriteria baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi
kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata 4,12 dengan kriteri baik sehingga
perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif.