Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah
ada pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif
pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. (2)
Berapa persenkah pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan
berpikir kreatif pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Medan Tahun Pelajaran
2017/2018. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
apakah ada pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir
kreatif pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. (2)
Untuk mengetahui berapa persenkah pengaruh model pembelajaran Osborn
terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Medan
Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2
yang
berjumlah
50
siswa
sebagai
kelas
eksperimen
dan
siswa
kelas
VIII-1
yang
berjumlah
50 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas
dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian dengan menggunakan uji
hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh harga
t
tabel
hitung t
yaitu
t
,12(
)24
t
,1(
9844
)
sehinga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada
hitung
tabel
pengaruh antara model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa SMP PGRI 3 Medan tahun pelajaran 2017/2018 dengan pengaruh
sebesar 59,35%.