Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh antara
model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar
matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan tahun pelajaran
2017/2018. (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Aptitude
Treatment Interaction (ATI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII
Smp Negeri 42 Medan T.P 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk
mengetahui Apakah ada pengaruh antara model pembelajaran Aptitude
Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 42 Medan tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui
Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction
(ATI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 42 Medan T.P
2017/2018. Populasi Dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri
42 Medan yang berjumlah 68 orang yaitu 34 siswa kelas VIII-B sebagai kelas
eksperimen dan 34 siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol.Teknik
pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (Pre-test) dan tes akhir
(posttest).Teknik analisis data mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan
uji homogenitas) dan uji hipotesis.Dan hasil penelitian menggunakan uji
hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh harga thitug(10,867) setelah
dibandingkan dengan ttabel (1.996564).Ternyata thitung(10,867)>ttabel (1,996564) sehingga
Ha diterima dan H0 ditolak.Hal ini berarti ada pengaruh antara model pembelajaran
Aptitute Treatment Interaction terhadap hasil belajar mmatematika pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 42 Medan T.P 2017/2018 dengan pengaruh sebesar 13,69%.