Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran
matematika berupa RPP dan LKPD yang dikembangkan melalui pendekatan
realistik di kelas VII MTs Islamiyah Medan.Subjek dalam penelitan ini adalah
siswa kelas VII-1 MTs Islamiyah Medan. Objek penelitian ini adalah
pengembangan Rencana Pelaksanaan PEmbelajaran (RPP) dan Lembar Kerja
Pesert Didik (LKPD). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan
(research and development / R&D) dengan menggunakan pengembangan model
4-D yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design), dan tahap penegembangan (develope). Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli. Teknik analisis data
dalam pengembangan perangkat pembelajran digunakan teknik analisis statistik
deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektivan perangkat
pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan realistik disimpulkan pada
: (i) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 87,8 % pada ujicoba, (ii)
ketercapaian indikator berada pada kriteria keefektivan.