Research Repository

Pengembangan Pembelajaran Matematika Model Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa SMA MUHAMMADIYAH 18 Sunggal Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Manik, Fitri Yani Gajah
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:18:35Z
dc.date.available 2020-11-11T02:18:35Z
dc.date.issued 2018-03-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10075
dc.description.abstract Hasil studi pendahuluan menemukan banyak masalah di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal, khususnya prestasi belajar siswa yang relatife rendah. Peneliti melihat kegiatan dalam proses pembelajaran belum terorganisir dengan baik dan kurang adanya persiapan yang matang sebelum mengajar. Selain itu masalah dalam penelitian ini adalah belum pernah digunakannya perangkat pembelajaran, khususnya RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media, dan Tes hasil belajar yang dikembangkan dengan model kooperatif NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pengembangan pembelajaran matematika dengan model Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Karena keterbatasan peneliti, penelitian yang akan dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media, dan Tes hasil belajar untuk mengukur kevalidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ketuntasan belajar secara klasikal belum melebihi batas minimal pada uji coba I yaitu sebesar 40% kemudian pada uji coba II ketuntasan secara klasikal sudah melebihi batas minimal yaitu sebesar 93%. (2) Pada uji coba I ketercapaian indikator pertama sebesar 83%, ketercapaian indikator kedua sebesar 63%, ketercapaian indikator ketiga sebesar 52%. Pada uji coba II ketercapaian indikator pertama sebesar 98%, ketercapaian indikator kedua sebesar 86%, dan ketercapaian indikator ketiga sebesar 81%, ketercapaian indikator atau ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator. (3) kemampuan hasil belajar uji coba I diperoleh rata-rata sebesar 66% dan pada uji coba II rata-rata 90%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keefektifan pengembangan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi komposisi fungsi telah terbukti, sehingga disarankan kepada setiap guru terutama guru matematika agar mampu mengembangkan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya. en_US
dc.subject Pengembangan Perangkat Pembelajaran, en_US
dc.subject Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) en_US
dc.title Pengembangan Pembelajaran Matematika Model Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa SMA MUHAMMADIYAH 18 Sunggal Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account