Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh model
pembelajaran Team Quiz terhadap aktivitas belajar matematika pada siswa MTs.
Proyek Kandepag T.P 2017/2018,(2) berapa persenkah pengaruh model
pembelajaran Team Quiz terhadap aktivitas belajar matematika pada siswa MTs.
Proyek Kandepag T.P 2017/2018.
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh
model pembelajaran Team Quiz terhadap aktivitas belajar matematika pada siswa
MTs. Proyek Kandepag T.P 2017/2018, (2) untuk mengetahui berapa persenkah
pengaruh model pembelajaran Team Quiz terhadap aktivitas belajar matematika
pada siswa MTs. Proyek Kandepag T.P 2017/2018.
Objek penilitian ini adalah pengaruhmodel pembelajaran Team Quiz pada materi
PerbandinganT.P 2017/2018.. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian
ini adalahlembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh modelTeam
Quiz pada siswa MTs. Proyek Kandepag terhadap aktivitas belajar matematika.
Dari analisis data yang diperoleh yaitu hasil penelitian lembar observasi aktivitas
belajar matematika dengan rata-rata kelas eksperimen 2,66 dan simapangan baku
0,360. Untuk rata-rata kelas kontrol 2,16 dan simpangan baku 0,38 . Dari hasil
analisis ternyata hasil lembar obsevasi berdistribusi normal Lhitung <
Ltabel(0,065833 < 0,161). Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Team
Quiz dengan uji t yang dilakukan menggunakan taraf signifikan 0,05 yaitu thitung >
ttabel (5,217 > 2,0017). Diperoleh uji determinasi terbesar 31,36 % sehingga apat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan sebesar 31,36 % terhadap
aktivitas belajar matematika dari hasil lembar observasi aktivitas sedangkan 68,64
% sisanya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti