dc.contributor.author | Husna, Faridatul | |
dc.date.accessioned | 2020-11-11T02:15:40Z | |
dc.date.available | 2020-11-11T02:15:40Z | |
dc.date.issued | 2018-03-14 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10072 | |
dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan budaya lokal media tepak melayu dalam materi Bangun Ruang Limas layak digunakan dalam pembelajaran matematika. metode pembelajaran R & D (Research and Development ) dapat mengembangkan media pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Pengembangan dengan menggunakan pendekatan etnomatematika. Instrumen yang digunakan adalah angket respon siswa dan guru . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Medan T.A 2017/2018 yang berjumalah 34 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 16 siwa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika . Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa rata- rata skor respon angket siswa berada pada interval 15> 4,2, dengan demikian media tepak melayu sangat layak digunakan dalam pembelajaran matematika. | en_US |
dc.subject | Etnomatematika, | en_US |
dc.subject | dan Budaya Lokal | en_US |
dc.title | Pengembangan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |