Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Penelitian ini dilaksanakan dalam
3 tahap . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan budaya
lokal media tepak melayu dalam materi Bangun Ruang Limas layak digunakan
dalam pembelajaran matematika. metode pembelajaran R & D (Research and
Development ) dapat mengembangkan media pembelajaran. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah Penelitian Pengembangan dengan menggunakan pendekatan
etnomatematika. Instrumen yang digunakan adalah angket respon siswa dan guru .
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Medan T.A
2017/2018 yang berjumalah 34 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki
dan 16 siwa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran
matematika dengan pendekatan etnomatematika . Dari hasil penelitian dapat
dilihat bahwa rata- rata skor respon angket siswa berada pada interval 15> 4,2,
dengan demikian media tepak melayu sangat layak digunakan dalam
pembelajaran matematika.