Research Repository

Pengembangan Metode Student Facilitator and Explaining Dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Muhammadiyah 09 Medan T.P 2017/2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Tunnisak, Fadlah
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:09:52Z
dc.date.available 2020-11-11T02:09:52Z
dc.date.issued 2018-03-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10066
dc.description.abstract Permasalahan penelitian ini adalah : “ Peneliti menemukan masih banyak masalah di SMK Muhammadiyah 09 Medan, kemampuan pemecahan masalah siswa, khususnya SMK masih relatif rendah. Peneliti melihat kegiatan dalam proses pembelajaran belum terorganisir dengan baik dan kurang adanya persiapan yang matang sebelum mengajar. Selain itu masalah dalam penelitian ini belum pernah digunakannya perangkat pembelajaran, khususnya RPP, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes”. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE. (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model kooperatif tipe SFAE. (3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Sammel, dan Sammel yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TSM I pada uji coba I dan uji coba II di SMK Muhammadiyah 09 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ketuntasan belajar secara klasikal belum melebihi batas minimal pada uji coba I yaitu sebesar 40% kemudian pada uji coba II ketuntasan secara klasikal sudah melebihi batas minimal yaitu sebesar 93%. (2) Respon siswa terhadap semua aspek direspon positif oleh siswa. (3) Pada uji coba I ketercapaian indikator pemecahan masalah sebesar 83%, ketercapaian indikator membuat model matematika dari masalah yang diberikan sebesar 63%, ketercapaian indikator menuliskan langkah-langkah penyelesaian sebesar 52%. Pada uji coba II ketercapaian indikator pemecahan masalah sebesar 98%, ketercapaian indikator membuat model matematika dari masalah yang diberikan sebesar 86%, dan ketercapaian indikator menuliskan langkah-langkah matematika dari masalah yang diberikan sebesar 81% pada uji coba II, ketercapaian indikator atau ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator. (4) kemampuan pemecahan masalah matematika uji coba I diperoleh rata-rata sebesar 66% dan pada uji coba II rata-rata 90%. en_US
dc.subject Pengembangan Perangkat Pembelajaran, en_US
dc.subject Student Facilitator and Explaining en_US
dc.subject Kemampuan Pemacahan Masalah Matematika. en_US
dc.title Pengembangan Metode Student Facilitator and Explaining Dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Muhammadiyah 09 Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account