Research Repository

Penerapan Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Fadhilah
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:06:27Z
dc.date.available 2020-11-11T02:06:27Z
dc.date.issued 2019-09-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10063
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana keaktifan belajar matematika menggunakan metode siswa pembelajaran small group discussion di SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020?. (2) Apakah pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran small group discussion dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020?. Peneliti ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar matematika menggunakan metode siswa pembelajaran small group discussion di SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020?. (2) Untuk mengetahui apakah belajar menggunakan metode pembelajaran small group discussion dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020?. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIT5 SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P.2017/2018. Dengan jumlah siswa 36 orang yang terdiri dari 22 orang siswa Laki-laki dan 14 orang siswa Perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes awal menunjukan bahwa ketuntasan siswa mencapai 16.67% (6 siswa), siklus I mencapai 52.78% (19 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 36.11%, serta siklus II mencapai 88.89% (32 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 72.22%. Dengan demikian pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena ≥ 75%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Small Group Discussion dapat meningkatkan keaktifan belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020. en_US
dc.subject Keaktifan Belajar, metode en_US
dc.subject Pembelajaran Small Group Discussion en_US
dc.title Penerapan Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account