Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana keaktifan belajar
matematika menggunakan metode siswa pembelajaran small group discussion di
SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020?. (2) Apakah pembelajaran
dengan penerapan metode pembelajaran small group discussion dapat
meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 01
Medan T.P 2019/2020?. Peneliti ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana
keaktifan belajar matematika menggunakan metode siswa pembelajaran small
group discussion di SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020?. (2) Untuk
mengetahui apakah belajar menggunakan metode pembelajaran small group
discussion dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa SMP
Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020?. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan
observasi dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIT5
SMP
Muhammadiyah
01
Medan
T.P.2017/2018.
Dengan
jumlah
siswa
36
orang
yang
terdiri
dari
22
orang
siswa
Laki-laki
dan
14
orang
siswa
Perempuan.
Penelitian
ini
dilakukan
dengan
dua
siklus
yaitu
siklus
I
dan
siklus
II.
Setiap
siklus
mempunyai
tahapan
yaitu
:
perencanaan,
pelaksanaan,
observasi
dan
refleksi.
Data
peningkatan
siswa
yang
diperoleh
dilapangan
ditulis
dalam
bentuk
tabel
dan
diagram.
Setelah
data
dianalisis
diperoleh
beberapa
temuan
yaitu
tes
awal
menunjukan
bahwa
ketuntasan
siswa
mencapai
16.67%
(6
siswa),
siklus
I
mencapai
52.78%
(19
siswa)
dan
terjadi
peningkatan
sebesar
36.11%,
serta
siklus
II
mencapai
88.89%
(32
siswa)
dan
terjadi
peningkatan
sebesar
72.22%.
Dengan
demikian
pada
siklus
II
ketuntasan
belajar
siswa
secara
klasikal
terpenuhi
karena
≥
75%.
Berdasarkan
hasil
penelitian,
maka
dapat
disimpulkan
bahwa
penerapan
metode
pembelajaran
Small Group Discussion dapat meningkatkan keaktifan
belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020.