Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur pengembangan Perangkat
Pembelajaran pada siswa kelas XI IIS A MAS Al – Washliyah 22 Tembung. Pada
penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model Thiagarajan, Sammel
dan Sammel yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut
terdiri dari empat tahap, yaitu: define. design, develop, disseminate. Subjek penelitian
ini adalah siswa-siswi kelas XI IIS A MAS Al – Washliyah 22 Tembung yang
berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini adalah RPP, Modul dan Tes Hasil Belajar.
Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP, lembar penilaian
LKPD, lembar penilaian Bahan Ajar, lembar penilaian Media Pembelajaran dan lembar
penilaian tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dalam
penelitian ini menunjukkan bahwa : a) hasil validasi RPP diperoleh skor rata-rata total
4,1 dengan kriteria “Baik”, hasil validasi LKPD diperoleh skor rata-rata total 3,9, hasil
validasi Bahan Ajar diperoleh skor rata-rata 3,9 dengan kriteria “Baik”, hasil validasi
Media Pembelajaran 4,3 dengan kriteria “Baik”, dan hasil validasi Tes Kemampuan
Belajar diperoleh skor rata-rata total 4,2 dengan kriteria “Baik”., b) hasil analisis data
tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar
80%