Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran
matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas VIIB MTs
Aisyiyah Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan model siklus yang dilakukan secara berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIIB MTs Aisyiyah Sumatera Utara yang berjumlah 35 siswa dan objeknya
adalah tanggung jawab siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi.
Teknik analisis data yang digunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan tanggung jawab pada siswa kelas VIIB MTs Aisyiyah Sumatera
Utara. Dari hasil observasi tanggung jawab siswa pada siklus I dengan skor rata-rata
21,62 dan persentase skor rata-rata 52,50%. pada siklus II diketahui bahwa skor rataratanya
sebesar
27,97
mengalami
peningkatan
sebesar
6,35
yang
sebelumnya
pada
siklus
I
sebesar
21,62
dan
persentase
skor
rata-rata
mengalami
peningkatan
juga
sebesar
17,43%
dari
hasil
siklus
I
yaitu
52,50% ke siklus II yaitu 69,93%. Sedangkan pada siklus III
diketahui skor rata-ratanya sebesar 31,26 mengalami peningkatan sebesar 3,29 yang
sebelumnya pada siklus II yaitu 27,97 Hal ini juga menunjukkan bahwa persentase skor
rata-rata mengalami peningkatan sebesar 25,64 % dari hasil siklus II yaitu 52,50% ke
siklus III yaitu 78,14%