Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada
pengaruh model pembelajaran cycle learning terhadap motivasi belajar
matematika pada siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan Marelan T.P
2017/2018. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
ada pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning terhadap Motivasi Belajar
Matematika pada Siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan T.P 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Harapan
Mekar Medan Marelan yang berjumlah 66 orang yaitu 33 orang siswa kelas VIIIA
sebagai
kelas
eksperimen
dan
33
orang
siswa
VIII-B
sebagai
kelas
kontrol.
Teknik
pengumpulan
data
menggunakan
angket/kuesioner
yaitu
motivasi
awal
(observasi
awal)
dan
motivasi
akhir
(observasi
akhir).
Teknik
analisis
data
menggunakan
uji
prasyarat
(
uji
normalitas
dan
uji
homogenitas)
dan
uji
hipotesis.
Dan
hasil
penelitian
dengan
menggunakan
uji
hipotesis
yang
menggunakan
uji-t
diperoleh
harga
thitung
(4.352)
setelah
dibandingkan
dengan
ttabel
(1.9977),
ternyata
thitung
(4.352)
>
ttabel
(1.9977)
sehingga
Ha
diterima
dan
H0
ditolak.
Hal
ini
berarti
ada
pengaruh
antara
model
pembelajaran
Cycle Learning terhadap Motivasi
Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan T.P
2017/2018