Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang
berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD), Bahan Ajar dan Media Pembelajaran pada materi peluang dengan model
pembelajaran CORE untuk siswa SMK kelas XI semester genap. Penelitian ini
juga bertujuan untuk mengetahui kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu model
pengembangan 4-D modivikasi. Hasil penelitian ini berupa perangkat
pembelajaran matematika RPP, Bahan Ajar, LKPD, dam Media Pembelajaran
dengan model CORE untuk siswa SMK kelas XI. (1) Berdasarkan hasil validasi
RPP, diperoleh skor akhir dengan kriteria “Baik”. (2) Berdasarkan hasil validasi
Bahan ajar , diperoleh skor akhir dengan kriteria “Baik”. (3) Berdasarkan hasil
validasi LKPD, diperoleh skor akhir dengan kriteria “Sangat Baik”. (4)
Berdasarkan hasil validasi Media Pembelajaran, diperoleh skor akhir dengan
kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat pembelajaran dikatakan valid. (5)
Berdasarkan hasil lembar observasi, diperoleh persentase dengan kriteria “Sangat
Baik” dan hasil angket respon siswa diperoleh keseluruhan “Sangat Setuju”
dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan
praktis