dc.contributor.author | Siallagan, Desi Ichwani | |
dc.date.accessioned | 2020-11-11T01:47:30Z | |
dc.date.available | 2020-11-11T01:47:30Z | |
dc.date.issued | 2017-04-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10042 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa SMP Swasta MTs Islamiyah Medan T.P 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta MTs Islamiyah Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas VIII-a sebanyak 38 orang yang diajar menggunakan model TPS , dan kelas VIII-b sebanyak 38 orang sebagai kelas yang diajar menggunakan model NHT.Hasil penelitian hasil belajar siswa kelas yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS diperoleh nilai lebih rata-rata pretest sebesar 36.32 dan rata-rata postest sebesar 78.68, sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe NHT diperoleh rata-rata pretest sebesar 37.63 dan rata-rata postest 84.21.Dari analisa data postest dengan menggunakan nilai uji-t pada taraf α = 0.05 diperoleh thitung> ttabel yaitu 5.97 > 1.684 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka kooperatif tipe NHT tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan TPS pada siswa SMP MTs Islamiyah Medan T.P 2016/2017 | en_US |
dc.subject | Model Pair Checks | en_US |
dc.title | Penerapan model Pair Checks Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Pada Siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2016/2017 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |