Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa SMP Swasta MTs Islamiyah
Medan T.P 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Swasta MTs Islamiyah Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas.
Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas VIII-a
sebanyak 38 orang yang diajar menggunakan model TPS , dan kelas VIII-b sebanyak
38 orang sebagai kelas yang diajar menggunakan model NHT.Hasil penelitian hasil
belajar siswa kelas yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS
diperoleh nilai lebih rata-rata pretest sebesar 36.32 dan rata-rata postest sebesar
78.68, sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif
tipe NHT diperoleh rata-rata pretest sebesar 37.63 dan rata-rata postest 84.21.Dari
analisa data postest dengan menggunakan nilai uji-t pada taraf α = 0.05 diperoleh
thitung> ttabel yaitu 5.97 > 1.684 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka kooperatif
tipe NHT tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan
menggunakan TPS pada siswa SMP MTs Islamiyah Medan T.P 2016/2017