Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana
keefektifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui keefektifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head togather.
Dari analisa data diperoleh beberapa temuan yaitu pada pertemuan pertama
jumlah nilai siswa secara keseluruhan adalah 1985 dengan rata – rata 52,23.
Secara individual siswa yang tuntas 16 orang, dan berada di kategori belum
tuntas. Pada pertemuan ketiga jumlah nilai secara keseluruhan adalah 3592
dengan rata – rata 94,52. Secara individual siswa yang tuntas 33 orang, sehingga
secara klasikal ketuntasan belajar siswa mencapai berada kategori tuntas.
Sehingga efektif ditinjau dari ketuntasan belajar.
Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan
strategi pembelajaran ekspositori pada kegiatan belajar menggajar matematika
materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII di MTs Umar
Bin Khattab T.P 2017/2018 Efektif. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes siswa
rata – rata nilainya baik