Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas perangkat
pembelajaran yang dikembangkan dengan model CORE terhadap hasil belajar
maematika peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah 03 Medan. Populasi
dengan penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A SMP Muhammadiyah 03
Medan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD), Media Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar (THB). Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D) dengan
menggunakan pengembangan model 4-D (four D Model) yang dikemukakan
Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari 3 tahap
yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap
pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar validasi ahli dan tes. Teknik analisis data dalam pengemabngan perangkat
pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan
dengan model CORE terhadap hasil belajar matematika peserta didik dapat
disimpulkan pada : (a) ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal sebesar
90% dan (b) ketercapaian indikator berada pada kriteria keefektivan