Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan Untuk
mengembangkan LAS Matematika berbasis CTL (Contextual Teaching and
Learning) pada siswa SMA Harapan Mekar Medan hasil pengembangan dengan
desain 4-D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi
(Lembar Aktivitas Siswa (LAS), RPP dan tes), dan angket respon siswa. Dari
hasil penelitian, Hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran adalah “Sangat
Valid” dengan Persentase skor sebesar 88%. Sedangkan Hasil validasi lembar
kerja peserta didik adalah “Sangat Valid” dengan Persentase skor sebesar 89%.
Tes yang digunakan dalam penelitian ini merupakan tes tertulis dalam bentuk
pilihan ganda dan uraian sebanyak 8 butir soal pilihan ganda dan 2 butir soal
pilihan uraian. Hasil tes kelas X berdasarkan ketuntasan belajar tergolong tuntas.
Dimana rata-rata hasil tes sebesar 81 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 10
orang. Sedangkan persentase pencapaian ketuntasan belajar sebesar 81%. Respon
siswa terhadap LAS yang dikembangkan berbasis CTL (Contextual Teaching and
Learning) adalah Positif, dan LAS yang dikembangkan berbasis CTL (Contextual
Teaching and Learning) sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Siswa dapat
memahami bahasa pada LAS serta tertarik untuk menggunakan LAS