Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa
dalam menyelesaikan soal cerita dalam pembelajaran berbasis masalah dan
solusinya berbasis metode newman pada topic SPLDV Pada siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 07 Medan tahun pelajran 2017/2018. Adapun yang menjadi
sampel pada penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 07
medan yang berjumlah 25 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes dan wawancara. Dimana dari hasil tes 25 siswa tersebut diambil 3
responden untuk diwawancarai guna mengetahui dimana sebenarnya letak-letak
kesalahan dan kesulitan yang siswa/i alami. Adapun kesalahan terbanyak dari
keseluruhan soal berada pada KA (Kesalahan membaca) indicator d (menuliskan
kembali soal tetapi tidakmenggunakan bahasa siswa sendiri) dan KD (Kesalahan
keterampilan proses) indicator a (tidak menuliskan sama sekali penyelesaian
model matematika) dan b (tidak menuliskan model penyelesaian yang digunakan),
penyebab dari kesalahan KA (Kesalahan membaca) indicator d tersebut
penyebabnya adalah siswa tidak mampu mengubah soal menggunakan bahasanya
sendiri dan untuk KD (Kesalahan keterampilan proses) indicator a dan b
penyebabnya yaitu siswa tidak menyelesaikan soal cerita SPLDV. Altrnatif solusi
yang diberikan untuk KA (Kesalahan membaca) indikator d yang diberikan
kepada guru atau tenaga pengajar lainnya adalah pastikan siswa memahami soal
dan mampu mengubah soal tersebut menggunakan bahasa sendiri dan mudah
dipahami siswa dan Untuk KD (Kesalahan ketarampilan proses) indicator a dan b
dharapkan kepada guru harus lebih menguasailagi materi agar siswa mengerti
dengan apayang diajarkan guru dan pastikan juga pada saat pembelajaran siswa
memperhatikan guru saat pembelajaran dan saat akan melakukan diskusi agar
siswa paham tentang topic SPLDV